Thursday 30 December 2010

Nyampah

Jadi orang yang ngga begitu pinter, sedih juga ya? Ani Ani Ani! Hahaha

Monday 27 December 2010

Aku Tahu Caramu Menyayangiku

Aku Tahu Caramu Menyayangiku
Oleh Anifatun Mu’asyaroh (1006668014)

Depok tidak panas hari ini. Langitnya menggelap dengan petir yang sesekali berteriak parau seperti anak kucing lapar. Sekawanan tikus got berlari santai menyeberangi gazebo asrama. Saking santainya atau tepatnya lalainya, hampir saja ada seekor tikus yang tertendang kaki mahasiswi bergaya tomboy ini. Dia berjalan gontai di tengah keramaian kantin. Bukan untuk mengisi perut tujuan kunjungannya, melainkan sekedar menumpang lewat sambil mencari kalau-kalau ada menemukan ceceran inspirasi.
Petir berteriak lagi, menyadarkan si mahasiswi bahwa keberadaanya di kantin hanya sia-sia. Dia memutar langkahnya ke arah kamarnya di gedung C. Tangga-tangga pendek itu terasa jauh lebih tinggi dari biasanya. Lambat. Dan dia merasakan kamarnya seakan sejauh kampung halamannya di Wonogiri. Dia sudah akan memutar pintu, tapi...
“Oh My! Aku benci hari ini! Arrrgh! UTS! Presentasi! Shit semua! Aku benci sastra!” teriaknya yang sukses membangunkan tidur siang beberapa tetangga kamarnya. Dibukanya daun pintu dengan kasar, lalu dia lemparkan pintu sekenanya hingga menimbulkan bunyi super gaduh. Kasur yang busanya sudah sedikit “sakit” menjadi korbannya yang selanjutnya. Dia berbaring, memejamkan mata tanpa berniat untuk tidur. Lalu tiba-tiba dia menangis. Tangisan pertamanya tahun ini. Diambilnya Lintang, lalu menarilah jemarinya di atas Lintang, si laptop jadul kesayangannya.



Senin, 8 November 2010
Tiba-tiba aku teringat lebaran tahun lalu, saat aku melukai hatinya. Kami bertikai, mempersoalkan hal yang sungguh sepele. Hingga ujungnya, aku mengunci diri di kamar paling timur dan tak mau mendengarkan sepatah kata pun dari mulutnya.

Aku sedang kesal padanya saat itu dan jujur aku memang tidak menyukai sifatnya yang keras dan benar-benar susah dibelokkan, benci bahkan. Namun, aku juga tidak pantas menyakiti hatinya, tidak sama sekali. Sebab aku sendiri pun seperti itu. Aku keras, baik kepala maupun hati. Emosiku labil dan jarang stabil... dan aku amat tahu, kesemuanya itu aku dapatkan dari dia. Tentu saja! Setiap inchi tubuhku adalah berasal darinya.

Hari ini, saat aku sendiri, saat aku tidak ada di sisinya, aku menyadari bahwa aku menyayanginya... Aku sadar betul, setiap hal yang kunikmati adalah karena dia, setiap tetes ilmu yang kudapat adalah berkat tetes keringatnya dan setiap keberhasilanku adalah karena ridho di setiap hembusan nafasnya. Lalu kenapa aku selalu berpura-pura tidak tahu dengan bertingkah sombong kepadanya? Perlahan, aku mengaku, “Aku malu!”

Pernahkah aku memujinya? Pernahkah aku memijiti bahunya sehabis kerja? Pernahkah aku mengucapkan selamat datang saat dia pulang? Tidak. Hingga tiba saatnya aku pergi untuk waktu lama, aku pun tidak menyentuh tangannya. Pernahkah aku bercerita tentang dia di depan teman-temanku? Tidak. Bukan malu, hanya bingung, apa yang ingin aku ceritakan tentang dia kepada mereka. Dia kaku sekaku karang yang congkak dihantam ombak.

Namun, hari ini aku menyadari bagaimana caranya menyayangiku. Dia tidak pernah mengucapakan sayang padaku, seperti yang aku harapkan dari dulu, seperti yang biasa terlihat di dalam televisi. Dia tidak pernah memujiku saat aku mendapatkan peringkat satu di kelas. Bahkan, dia bersikap tidak peduli saat aku diterima di perguruan tinggi impianku. Benarkah dia tidak tahu?

Memang, aku ingin sekali melihat dan merasakan kehangatan seperti yang dirasakan oleh teman-temanku yang lain. Dipeluk, dicium, dibelikan boneka atau diajak berlibur ke pulau Bali. Namun, sekarang aku sudah tahu, semua itu memang bukanlah caranya.

Suatu hari, di luar sana, dia tersenyum bahagia di antara kerumunannya. Aku iri karena orang lain begitu mudah mendapatkan senyumnya, sedangkan aku tidak. Aku melihat dia bercanda-canda, lalu menceritakan hal yang menarik membuat orang lain terkagum-kagum. Dia tampak bahagia. Aku tidak pernah melihat ekspresi seperti itu. Aku sadar, aku tidak bisa membuatnya tersenyum dan tertawa seperti itu. Aku iri lalu pergi...

Aku memendam iriku berhari-hari hingga tidak mampu dihitung dengan jari.
Hingga saat lebaran itu, aku sudah terlalu lama memendam kejengkelan. Aku muntab, lalu membanting pintu tepat di depan hidungnya. Aku menolak diajak ke tempat rekannya dan menolak apa pun yang dia perintahkan. Aku menulis catatan nista itu lalu disukai oleh beberapa teman di facebook. Aku malu sebenarnya, tapi itulah aku, seorang yang sok. Lalu sekarang, lagi-lagi aku malu...

Aku sudah bilang aku sudah tahu bagaimana caranya menyayangiku. Dia berkata sayang lewat diam. Belakangan aku tahu, dia menimbun harta untuk aku bisa sekolah. Aku pun tahu dia menceritakan aku yang mendapat juara satu, aku yang diterima di SMA favorit, aku yang mendaftar di jurusan farmasi dan arsitektur UGM dan aku yang mendapat beasiswa serta diterima di universitas impianku di jurusan Sastra Indonesia. Dia bercerita kepada teman-temannya, di kerumunnya, dengan bahagia. Dia bahagia bercerita tentang aku.

Dia tidak menampakkan kegembiraannya saat aku bercerita tentang prestasiku karena dia tidak ingin aku menjadi gadis sombong. Dia tidak pernah menanggapi soal gambar atau tulisanku karena dia tidak ingin aku cepat berpuas diri. Dia tidak selalu menuruti setiap hal yang aku mau karena dia ingin aku menjadi manusia mandiri yang tidak materialistik. Dia tidak menunjukkan lemah lembutanya karena dia tidak mau aku menjadi seorang yang tidak menghormatinya.

Astaghfirullohal’adzim... Maafkan aku, God! Maafkan aku, sayangku, yang selama ini buta oleh keinginan-keinginan yang berlebihan, yang terkadang imajiner, yang terlalu menuntut kepadanya tanpa pernah terlalu berusaha membuatmu bangga! Padahal kau tidak pernah menuntutku bisa ini dan bisa itu. Aku malu... Karena aku baru menyadari indahnya cintamu saat aku tidak di sampingmu, aku malu karena aku selalu merepotkan dan tidak pandai membuatmu senang, dan sekali lagi karena tahun ini aku belum bisa mempersembahkan yang terbaik bagimu. Maafkan aku! Maafkan Nabila, Dad...!




Dia sedang mengklik pilihan “TERBITKAN ENTRI” ketika handphone-nya tiba-tiba berbunyi. Dengan air mata yang masih mengalir dan suara yang sedikit bergetar dia berkata ke suara di seberang, “Dad, aku tahu caramu menyayangiku... Aishiteru!”\


Cerpen untuk tugas Penulisan Ilmiah

Friday 24 December 2010

About Pisces (Cause I'm a Pisces Girl)

1. #Pisces emotions are the most valuable to them and they will do what ever it takes to avoid emotional pain.
--> Bagi seorang Pisces, emosi adalah hal yang paling berharga bagi mereka, dan mereka akan melakukan hal apa pun yang mereka ambil untuk menghindari rasa sakit emosional. (yeah, I think it's the real me)

2. However do not be fooled by a #Pisces weaknesses for they are excessively intuitive and observant of what you do.

--> Namun, jangan terkecoh dengan kelemahan seorang Pisces karena mereka terlalu intuitif dan jeli terhadap apa yang kamu kerjakan. (Yeah, saya pengamat ulung, saya suka memperhatikan orang dalam diam saya...meski saya sedang terlihat bingung dan bodoh pun, saya sebenarnya sedang sedikit memperhatikan sesuatu)

3. #Pisces is worthy of getting to know; a tad bit insecure inside.They are the kind of boss who will never yell at you.
--> Pisces layak mengenal; sedikit seorang anak laki-laki dalam aman (aduh bahasanya ancur). Mereka adalah jenis atasan yang tidak pernah akan berteriak pada Anda. (Yeah, begitulah saya. Saya pandai menyimpan emosi saya, tapi kalau sudah meledak, wedhus gembel kalah sama kemarahan saya. Hnn, setiap memimpin memang saya cenderung sok tenang, dan ngga menyuruh-nyuruh. Sadar diri soalnya, seorang pemimpin juga bukan pemimpin tanpa anak buah mereka, jadi saya cenderung akan menghilangkan suasana pemimpin-dan yang dipimpin)

4.
#Pisces you get stuck in what you wish could happen and lose track of reality, and when you go back, everything is a mess.
--> Sebagai seorang Pisces, Anda sering terjebak dalam pikiran Anda sendiri, terhadap apa yang Anda inginkan dan seolah-olah bisa terjadi lalu kehilangan jejak dari realitas, dan ketika anda kembali, semuanya berantakan. (Yeah, sayangnya hal ini benar. Aku sangat suka mengkhayal dan mungkin ini semua terlihat dari seluruh tulisanku. Sekitar 60% tulisanku bersifat fiktif atau ada sedikit sapuan fiktif. Aku pernah berkhayal aku mendapat surat dari Hogwarts School of Witchcraft and Wizardy pada kelas 8 SMP, yang menyatakan bahwa aku diterima di sekolah tersebut. Haha, gila gila Ani)

Thursday 23 December 2010

Ini tentang fokus terhadap rutinitas baruku. Setelah berakhirnya masa-masa menjadi cadets, aku mulai konsentrasi kepada kegiatan-kegiatan paguyuban daerahku yang bernama PERHIMAK UI. Aku seperti biasanya, terjun ke divisi kesenian, tapi kali ini ditambah embel-embel dan olahraga, alias divisi senior... Kalo tentang seni, oke, masih bisa dikira-kira tugasnya seperti apa, dan aku akan berusaha untuk bisa. Olahraga? Sangat tidak sekali! Bahkan untuk hanya s

Wednesday 22 December 2010

My New Friend

Teman pertama aku di FKM adalah si Diaaaa... Senang bisa bertemu dengan orang ini. Hehe...



Jadi, kebiasaan kami adalah merencanakan duduk sampingan saat mau kuis Fisika, tapi faktanya pasti ngga sampingan. Aku selalu dipanggil lebih dulu (bukan dalam arti konotasi lho) oleh temanku untuk duduk di sampingnya. Alhasil, baru 3 aku dan Dila duduk bersama pas kuis, wkwkwk...

Aku dan dia bertemu pertama kali saat briefing welcome maba 1 di aula gedung G FKMUI. Kami pernah berkenalan sebelumnya lewat facebook. Kami sama-sama suka baca novel fiksi, dan dia tidak henti-hentinya membahsas betapa kerennya novel the Kite Runner. Yaaaaaah....selamat ya, kamu udah bikin aku melompong ngga nyambung karena aku ngga pernah baca tuh novel, ehehe.



Kami satu FGD, FGD 14, dengan slogan kami adalah "minimalis", ya karena begitulah kami, minimalis dan ngga mau yang perfeksionis perfeksionis, hehe. Entah kenapa aku suka bercerita kepadanya, soal apa pun, bahkan soal kakak mengagumkan yang katanya mirip Bambang Pamungkas itu, (haha, gokil dustanya!). Jadi, intinya dia itu pendengar yang baik gitu. Begitu pun aku, yang ingin mencoba menjadi pendengar yang baik baginya, haik haik!

Dia orang pertama yang aku kasih gambar Conan-ku. Gambar Conan pertama lagi, aku kasihin cuma-cuma, ehehe... Soalnya lagi bokek, ngga bisa beliin apa-apa. Namun, karena tindakan ini, aku jadi banyak utang nggambarin Conan untuk beberapa orang. Ngga tahu kenapa, aku senang berteman dengan orang bertangan imut yang unik ini, hahaha... (Dil, dijaga ya, gambarnya! wkwk). Aku janji deh, kalo kita masih dekat, tahun depan, tepat di ulang tahunnya, aku akan kasih sebuah gambar lagi ke dia... Woi Dilla! Jangan ke-GR-an...

with a cup of smile for Dilla...
Auriga Amarilis
:)

Tuesday 21 December 2010

Namaku Ani...

Aku Ani. Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Indonesia, angkatan 2010. Aku orang Jawa asli, pandai berbahasa Jawa dengan logat Jawa ngapak.

Aku pendiam dan misterius. Aku suka menulis dibandingkan berbicara. Namun, banyak orang yang bilang bahwa aku cerewet. Hal ini membuatku terkesan seperti orang berkepribadian ganda. Kadang ceria, kadang pemurung, dan kadang gila, ahaha...

Sejujurnya aku gila. Orang yang baru lihat pasti bilang aku pendiam, sehingga ragu mendekat. Padahal, sekalinya ngomong aku sulit untuk berhenti. Aku suka musik, menulis, dan menggambar (ditambahin menari dan menyanyi aja dah, biar kayak hobinya anak TK, hehe). Jadi, aku adalah penyuka kedamaian dan pembenci kedustaan serta kesombongan (Btw, apa hubungannya kalimat penjelas ini dengan kalimat sebelumnya ya? Kalimat utamanya apa juga nggak jelas deng! Ahaha)

Aku adalah pengamat jitu! Hati-hati aja kalau ada di dekatku. Bisa aku terawang, baru tahu rasa, ahaha. Sixth sense-ku lumayan sih, keturunan dari sang Mama (Mama aku lho, bukan Mama Loreng, plak!). Aku suka berpikir dalam diam, sambil memandang hamparan langit atau taburan bintang manis di permukaan langit yang lezat dinikmati mata. Wiew!!

Banyak orang bilang bahwa aku lebay, bahwa aku adalah tipe orang sanguinis dan melankolis, dengan rasa toleransi, solidaritas, dan keramahan yang sangat tinggi (ini seriusan kata orang lho). Namun, aku nggak bisa dijadikan sebagai pemimpin atau diberikan tanggung jawab terlalu besar karena aku cenderung labil, masih belum bisa dipercaya untuk memimpin (ini kata orang dan juga kata Ani sendiri).

Oleh sebab itu, aku kaget setengah hidup saat aku ditunjuk menjadi seorang Section Leader di MBUI. Wakakakak, kocak sebenernya, seorang aku bisa jadi SL. Namun, bagaimana lagi, amanah ya amanah harus dipegang dan dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab. Meski sebenarnya, aku masih sangat banyak kekurangan sebagai seorang SL. Hahahihi...

Aku anak PIT MBUI... Bangga bisa menjadi anak MBUI, hahai...

I love MBUI, dengan segala kekocakkan, keseriusan dan apa pun yang ada di dalamnya, aku suka.. Aku bertemu banyak orang dari berbagai daerah berbagai jurusan berbagai jenis macam watak dan sifat yang mereka punya. Aku suka menjadi Cadets MBUI...

Aku SL Pitt cadets MBUI 2010 (ya ampun, baru sekali ini gue mengaku sebagai SL Pitt nih, bismillah) menyatakan bahwa aku telah jatuh kepada MBUI....

MBUI... BANGKIT!

Kenapa Selalu Ini?

Ini, tentang bikun (lagi?).
Ini adalah kelanjutan dari catatan sebelumnya di mana saya menyebutkan bahwa saya sangat menyukai bikun (maaf, cuma ingin memperpanjang note, hehe).
Jadi, aku menjumpai banyak orang saat aku menaiki bikun. Berbagai macam orang dari berbagai kategori. Dari kategori ras, gaya pakaian, gaya bahasa, gaya duduk, gaya tidur, cara berbicara, gaya berdiri sampai gaya kupu-kupu (haik? Lo kata renang?).

Bikun adalah kendaraan beroda empat, berbentuk balok, berwarna kuning, bersopir satu orang, bertempat duduk seperti susunan tempat duduk angkot, berjalan, dan mampu menampung sekitar 50 atau 60 orang jika kamu naik dari stasiun UI.



Di dalam bikun, aku menemukan inspirasi berceceran, tidak lain tidak bukan akibat mengamati penumpang-penumpang bikun yang berceceran dan bergelantungan. Di dalam bikun, aku menyimpulkan bahwa orang-orang cenderung memilih berdesak-desakkan sambil menikmati bau ketiak orang di setiap ujung pintu, daripada berdiri di bagian tengah yang pastinya lebih nyaman dengan AC menghembuskan angin dingin yang membekukan.
Parah sekali.

Menyebalkan sekali pemandangan seperti itu. Bayangkan, jika bikun selalu diisi dengan pola seperti itu (penumpang mayoritas memilih berdiri di tiap kutub bikun) dan bagian tengah atau lambung bikun selalu kosong, lama-lama bikun bisa patah jadi dua, seperti tragedi titanic yang so sweet itu (film-nya sih yang sebenarnya so sweet). Hnn...tapi opini ini terlalu aneh deng! Haha...

Bikun ini, kapan diisi bahan bakar ya? Berapa kali sehari? Sebab, aku belum pernah memergoki bikun ini berjalan di luar jadwal tanpa membawa penumpang. Jadi, walaupun sering molor hingga sepuluh menit, bikun ini selalu berada di linkungan UI. Basecamp-nya kan di asrama, berangkat dari asrama pulang juga di asrama. Hal ini membuat asrama semakin lengkap (???).

Kembali lagi mengenai aku di dalam bikun (sejak kapan aku menjadi akuan begini? Pengen berubah deh. Haha). Setiap melihat penumpang bikun, yang hampir selalu berganti di tiap halte, aku selalu ingin membuat cerita. Lalu menerka-nerka watak mereka lewat ekspresi muka dan gerak-gerik mereka, bahkan lewat cara duduk mereka. Begitu asyik mengamati orang di dalam bikun. Lucu-lucu!

Pernah aku bermain tebak-tebakkan dengan diriku sendiri, mengenai "fakultas apakah dia?". Jadi, aku mengamati seorang penumpang bikun, lalu mulai menyusun hipotesis mengenai dari fakultas apa si penumpang bikun berasal? Haha. Autis! Main sendiri, senyam senyum sendiri. Inilah pekerjaan orang yang suka mengamati orang. Ckck, aneh ngga sih?

Saturday 18 December 2010

Ini Soal Men-Tag

Banyak orang yang men-tag foto, catatan, tautan atau semacamnya di jejaring sosial seperti facebook dan lain-lain. Setahu aku, men-tag itu dimaksudkan sebagai penanda siapa saja yang memang dilibatkan dalam hal yang di-tag itu.

Jadi, aku adalah orang yang cukup rajin membuat catatan di facebook. Memang sedikit tidak jelas catatan-catatan aku itu, tapi aku selalu rajin-rajin saja menulis catatan karena aku suka berfantasi lalu melimpahkannya ke dalam tulisan yang aku sebut tulisan gaje. Ini salah satunya..

Kembali ke tag-men-tag. Jadi, menurut aku, entah mengapa, men-tag seseorang dalam suatu catatan seperti sebuah pemaksaan terhadap seseorang untuk membaca tulisan yang telah kita buat. Misalnya, aku telah menulis sebuah catatan berjudul "I Love Bikun". Dua hari berjalan, hanya empat orang yang membaca. Namun, setelah saya men-tag beberpa orang, mendadak catatan aku menjadi rame oleh komentar. Aku jadi ragu, apakah keramaian ini adalh sebuah paksaan akibat penge-tag-an ini?

Oleh karena itu, aku adalah tipe orang yang suka membiarkan saja apa yang sudah aku ciptakan. Tidak baik memang yang namanya malas mempublikasikan. Namun, ada satu perasaan yang berkata publikasi itu adalah wujud lain dari pamer. Iya memang pamer sih. Namun, kalau publikasi itu kan untuk sesuatu yang benar-benar bisa dipertanggungjawabkan karena memnag mungkin sudah terstruktur dan terkonsep dengan baik. Sedangkan catatan aku, menurutku belum layak publikasi.

Oh iya, maaf ngelantur mulu dari topik bahasan soal men-tag. Intinya, aku pribadi tidak terlalu suka men-tag, kecuali tag foto, atau tag informasi. Mengenai men-tag hasil karya, hasil pikiran, hasil seni dan sebagainya, ini mempunyai kesan yang berbeda. Aku lebih berharap orang lain mendatangi sendiri sebuah karya baru, lalu mengapresiasikan pemikiran mereka mengenai karya tersebut. Dengan begitu, sebuah karya akan terkomentari tanpa pemaksaan. Bayangkan jika kita men-tag seseorang, sedangkan orang itu bukan ahlinya, tidak menyukai hal-hal yang berhubungan dengan hal yang kita tag-an, atau parahnya lagi tidak tahu apa yang kita tag itu, pastinya komentar yang ada hanya berupa komentar sampah yang tidak ada intisarinya lagi bukan?

Hwah, super tidak jelas sekali catatan ini, ckckck.

Kesimpulannya, berpandai-pandailah dalam men-tag. Lebih selektif dalam mempublikasikan sesuatu yang bersifat hasil karya dan pintar-pintarlah men-tag nama orang dalam karya tersebut, apakah dia benar-benar orang yang tepat yang berhubungan dengan karya tersebut. Jika tidak, maka akan terjadi sebuah pemaksaan, hahaha

Aduh, Ani gajeeeeeeee.........

sddasggggg

Baru dua belas menit lalu aku menulis catatan, sekarang sudah nge-post catatan baru, ckck... (agak sedikit termotivasi oleh target 200 catatan di tahun 2010)

Ini tentang anak-anak...dibilang anak jalanan bukan, dibilang anak putus sekolah sepertinya mereka memang berniat untuk tidak sekolah, dibilang-bilang yang lain takut salah bilang. Jadi saya anggap mereka sebagai anak malang saja ya, atau biar lebih mudah alang (hati hati bukan "anak layangan" lho, ntar jadi "alay"!). Jadi kalau anak malangnya jamak aku sebut mereka alang-alang.

Siang ini, dua alang-alang bermain kejar-kejaran keluar masuk bikun hari Sabtu. Hari Sabtu, bikun malas beroperasi. Banyak yang hanya berdiam diri di jejalanan depan asrama. Benda besar berjalan nan cemerlang dan menyilaukan ini tampak malas dan sok, karena berangkat hanya beberapa kali dalam satu jam dan itu pun cuma sampai pukul 14.00, di mana biasanya sampai pukul 21.00 si bikun dinahkodai pak sopir (mulailah ketidakjelasan saya) masih berkeliaran di jalurnya. Iya bikun ini tampak sombong dan sok hari ini, tapi tidak di mata alang-alang itu. Mereka berlarian dengan senangnya keluar masuk mulut bikun (baca: pintu).

SMS Online (dapet dari blognya Edja)

Unlimited Free SMS (SMS GRATIS TANPA BATAS): Send Free SMS: "Short Message Service (SMS) is the text communication service component of phone, web or mobile communication systems, using standardized co..."

Friday 10 December 2010

I Love Bikun

Jumat, 10 Desembar 2010
Pukul 8.33 WIB

I Love Bikun
oleh Anifatun Mu'asyaroh pada 10 Desember 2010 jam 9:25
Aku sangat suka naik bikun. Bikun merupakan singkatang dari bis kuning. Ini merupakan EYD yang salah. Seharusnya Bukun kan ya? Bus kuning. Namun, apa daya memang enakkan didenger bikun daripada Bukun yang terkesan kayak panggilan mak-mak. Hehe.

Aku pulang dari casting (ceilee, kayak punya modal, bakat, potensi dan thethek mbengek di dunia tarik suara aja. ehm maksud saya dunia akting aja..). Kamis kemarin, aku jujur, serius, tidak bohong apalagi mengada-ada, aku mengikuti casting di gymnasium untuk iklan motor ***d*. Parah sekali! Sebelum berangkat, aku sudah punya feeling, pasti something wrong bakal terjadi. Maklum feeling aku adalah feeling-nya bakul es, rada tajam, bisa memperkirakan cuaca hari ini, sehingga bisa menyiapkan persediaan dagangan agar bisa se-pas mungkin. Aku malas sekali untuk datang, meski Ayu sudah merayu-rayu, meski Juju sudah mengajak-ngajak, meski rumput berhenti bergoyang karena bosan ditanya terus olehku. Namun, rasa penasaranku, lumayan mampu membunuh kamalasanku (jarang-jarang ini). Akhirnya aku memutuskan datang. Aku tidur pukul 2 siang, berniat bangun pukul 3, lalu berangkat pukul 3.30. Manusia merencanakan, Tuhan menentukan. Semua plan, gagal total. Huaahaha...

Melek pukul 3.30, sampai halte pukul 3.47. Bikun datang dua menit kemudian. Bikun biru. Itu artinya muter dulu. Namun, karena aku suka naik bikun, aku naiki saja dia. Telat?? Jangan tanya.

Pukul 4.05. Tiba di depan gymnasium yang besar dan lebar berdinding hijau muda pudar. Aku tidak melihat anak-anak MB, selain Teguh, Juju dan Ayu. Hatiku bertanya-tanya. Mataku menjelajah lapangan. Dan kakiku menunaikan tugas yang lain, kaki kanan garuk-garuk kaki kiri. Sweatdropped!! Casting apaan ini? Yang datang cuma tiga orang? Mana lawannya??? ckckck, harap harap parah!

Aku datangi mereka dengan ekspresi muka yang (aku yakin) seperti ekspresi seorang raja maniak wanita yang dihadapkan pada dua pilihan, tahta atau wanita??? Bingung sebingung-bingungnya! Hahaha. Juju dan Ayu pun ternyata menampakkan muka bingung. Usut punya usut, Teguh lah biang keladi pembuat dua anak manusia itu bingung setengah hidup, dengan berkata, "jarkom casting itu cuma bohongan! Gue dateng ke sini bukan buat casting, tapi buat latihan tambhan! Haha," yang anehnya langsung dipercayai Juju dan Ayu. Kalau aku jadi mereka, Teguh akan aku interogasi habis-habisan sampai jungkir balik (cuma omdo sih sebenernya, haha). Hampir saja, Juju dan Ayu pulang, yang itu artinya hampir saja aku menjadi kandidat tunggal dari section pit di acara casting yang menggelikan itu, haha. Untung mereka ngga jadi pulang, fiuh!

Casting...berjalan lancar bagi Ayu, Juju, Elsa dan anak-anak cadets lain. Sedangkan aku??? Aku parah separah buah mangga masak dimakan kalong, abis itu ketiup angin topan, jatoh ke tanah dan beberapa detik kemudian tertinda truk tronton----> tinggal bijinya doang yang berbentuk, haha. Ayu, full ekspresi, senyum kanan senyum kiri, sadar kamera dengan rambut terurai bak di iklan shampoo kecantikan anti ketombe dan anti gundul, maksudnya anti rontok. Juju, lebih mantap, dengan gaya seperti model iklan marimas, berpose profesional layaknya model bintang empat setengah. Sedangkan Elsa, dia yang baru berusia 17 tahun, justru yang paling bergaya dewasa, so sweet Elsa! Ahaha... Kalu aku??? Aku bergaya seperti sebatang kayu yang berdiri memegang mallet sambil memukul-mukulkannya ke kawannya bilah-bilah bambu (baca: bells). Aku kaku sekaku-kakunya kayu baru ditebang dari pohonnya, haha.

Abis casting --di mana kita disuruh berkenalan, senyam-senyum sana-sini, pukul alat main alat, ekspresif dan ngepel lapangan gymnasium (lho??? dusta! dusta!)-- aku berniat pulang karena sudah sangat rindu pada bikun. Bikun oh bikun, aku ingin memilikimu selamanya...houwouwo (iringan lagu keroncong kemayoran). Namun, aku harus mennggu Juju beberapa menit, karena males pulang sendirian. Alhasil aku berhasil membuatnya berhenti memandang pasukan latihan dengan berkata, "Ntar maghrib, bikun ngga beroperasi lho..." Juju yang notabene mudah dibohongi, panik dengan sukses, dan memutuskan pulang. Banzai!!! hehe...

Di bikun, aku senang, di bikun aku bahagia, di bikun, dunia serasa milikku sendiri... (lebay, padahal ya desak-desakkan dengan orang banyak). Bikun oh bikun aku suka menaikimu....lallala (lama-lama bisa tercipta lagu hymne bikun ini, ckckck).

Di asrama, bingung mau apa. Akhirnya aku memutuskan untuk ke kantin, yang ternyata secara tiba-tiba disetujui oleh Iam, yang muncul dari balik bikun. Hahaha...Iam, makaaan yuuk! Aku memesan mie ayam bakso dengan satu bakso yang sukses menggelinding di meja, dan iam makan sayur+tempe. Kontras banget, ani yang sok hedon, dan iam yang selalu normal-normal aja. Abis makan, aku malas pergi ke kamar. Aku berniat mengulur waktu dengan menceritakan hal-hal tidak penting kepada Iam, seperti tentang orang yang kulihat di kantin asrama kemarin malam, atau orang yang di Kebumen yang kemarin malam kuajak chatting lewat fb. Huahaha... Aku sangat malas kembali ke kamar!

Aku mengulur waktu lagi dengan mengajak Iam memandang bintang. Ya ampun kayak sepasang kekasih yang diterpa cinta terlarang yang sedang kasmaran. Kami pun duduk-duduk di kursi panjang berlengan pendek (kayak baju kemeja aja, haha) yang diam saja sejak empat bulan lalu di depan TU. Aku kira dia permanen di sana. Iringan lagu-lagu gereja yang dinyanyikan jemaah Kristiani, membuat malam menjadi tak biasa. Aku baru sekali mendengarkan lagu-lagu itu di samping telingaku sendiri. Mereka di Gazebo, kami berdua memandang bintang yang tidak terlihat di depan kantor TU.

Bosan, aku mengajak Iam naik bikun lagi. Pukul 7.30 malam saat itu. Di luar dugaan Iam langsung melonjak-lonjak bahagia sepertia diajak nge-date ke Taman Safari di Afrika sama Donnie Sibarani (hahai, pengandaian yang terlalu tinggi). Akhirnya, kami naik bikun yang sepi dan sepi. Hanya aku, Iam dan Pak Sopir kelahiran Wates, Yogyakarta. Kok aku tahu asal muasal beliau? Ya karena kami bertiga berbincang seru seperti dengan Bapak di kampung malam itu. Asrama hingga Stasiun kalau tidak salah, kami bertigalah tiga-tiganya penumpang bikun, Asyik sekali... Naik bikun yang sepi yang sepi yang hanya milikku sendiri. Ingin akun berlari dari ujung kursi penumpang paling belakang hingga ke ujung paling depan di mana Pak Sopir sedang memijit-mijit setiran kesayangannya. Stelah itu guling-guling di lantai berlapis kertas lantai berwarna biru berbercak kuning dan biru muda. Berloncatan-loncatan di tiap kursi penumpang hingga keluar peer yang berada di dalam kursi tersebut. Ya ampunnnn, bikun I'm in love....

Setengah jam kamudian, aku mendapati diriku sudah berada di asrama lagi...dan berakhirlah petualangan bersama bikun hari itu. Tentang casting, aku kira, aku akan berpikir 273 kali sebelum memutuskan untuk ikut. Ahahha....

Catatan yang sangat-sangat panjaaaaaaaaaaaaaaaaang

MD: Ide Yang Tersesat

Minggu lalu, Jumat 15 Maret 2024, saat Live sendirian, kepikiran untuk bikin INSTAL LIVE yang isinya obrolan antar nakes Puskesmas Alian ten...