Tuesday 4 September 2012

Riwayat Cinta Gue (1)

Hingga gue berumur dua puluh tahun sekarang, gue belum pernah berpacaran. Namun, hal itu nggak berarti bahwa gue belum pernah merasakan jatuh cinta. Hahaha. Obrolan yang kayak beginian nih yang paling riskan buat diumbar-umbar di sini, my bloggie... But, gue nggak tahu kenapa, sekarang gue pengen cerita ke lo tentang ini. Semoga nggak menyakiti satu orang pub dari pihak mana pun.

Gue bukanlah tipe orang yang susah jatuh cinta, tapi bukan juga orang yang hobi jatuh cinta. Yeah, mungkin benar gue ge-er-an, tapi bukan playgirl. Mau ngemainin siapa coba? Orang deket-deket sama anak cowok aja nggak betah. Yuppie, singkat cerita gue agak man phobia gitu. Percaya atau nggak, kawan...


SATU
Cinta monyet gue yang pertama adalah saat kelas 2 SD. Saat itu gue suka seorang bocah sekelas, hanya karena dia berani minjem PR Matematika gue ke rumah gue. Saat itu gue mikir, "Ini PR kan gampang banget! Ngapain dia pake minjem punya gue segala? Jangan-jangan...." Sejak saat itu, gue jadi senyam-senyum sendiri kalo ketemu dia dan dia pun demikian. Aneh ya? Namun, tragisnya kisah ini berakhir singkat. Empat bulan kemudian, dia pindah ke suatu tempat yang jauh dan entah di mana bersama keluarganya. Gue shocked, sedih dan bener-bener merasa kehilangan dia. Secara, sejak dia meminjam PR Matematika gue saat itu, kita berdua jadi akrab dan rajin belajar bareng di kelas. Gue dan dia pun menduduki peringkat 1 dan 2 di kelas akibat kebiasaan itu. Gue nggak terlalu yakin ini cinta pertama. Namun, gue akan bakal selalu mengingat cerita zaman bocah gue ini sampai kapanpun. Wkwkwkwk. Gue pengen tahu, apakah dia udah nikah sekarang mengingat temen-temen SD gue yang lain udah banyak yang menikah, hoho. Hey, si rambut landak! Ingat gue nggak, lo? :D

DUA
Setelah itu, gue nggak pernah coba-coba sama yang namanya suka-sukaan lagi. Gue sadar gue bocah dan gue lebih suka baca buku IPA saat itu daripada sibuk menyukai orang. Kejadian kelas 2 SD itu membuat gue sedikit brhati-hati untuk deket dan ngobrol sama anak cowok temen SD gue. Takut keterusan terus berakhir menyedihkan atau bermusuhan kayak di sinetron-sinetron. Namun, yang namanya bocah, tetaplah bocah. Saat gue kelas 4 SD, gue pun deket sama seorang temen cowok, sebut aja ATS. Kita duduk berdekatan, tapi berbeda lajur. Gue di baris ke 4 lajur 2, dia baris ke 3 lajur 3. Alhasil, dia pun jadi sering noleh ke belakang buat ngobrol bareng gue.

Gue nggak pernah curiga sedikit pun saat dia tiba-tiba jadi sering nyocokin jawaban bareng saat ulangan. Bukan contekan sih! Cuma nyocokin aja. Dia nggak pernah minta kasih tahu jawaban yang bener kalau misalkan jawaban dia gue nyatakan salah. Namun, jika hal sebaliknya terjadi, gue bakal maksa dia buat ngasih tahu jawabannya dan ketika dia udah ngasih tahu jawabannya, gue pasti bakal bilang, "Iya, tadi gue juga mau jawab itu, tapi ragu. Aku ikutan yak!" Gue selalu jawab demikian, meskipun sebenarnya terkadang gue nggak kepikiran untuk menjawab dengan jawaban itu, ahahah. Licik emang, ya? Nggak, ah! Bocah! Hehehe.

Lama-lama, semakin banyak obrolan yang kita buat. Entah itu tentang masa kecilnya, teman sekampungnya atau bapaknya yang pemarah. Yah! Gue memang nggak terlalu suka berkisah tentang diri gue (seperti di blog ini) waktu gue kecil. Hingga pada suatu Jumat, saat Pramuka, ada seorang temen cewek yang nyeletuk, "Eh, si ATS kan suka lo, An!" Deg, gue pun jadi kepikiran. Gue jadi kepo dan sering merhatiin dia sejak saat itu.

Setahun kemudian, tepatnya pas kelas 5 SD, perkataan temen cewek gue itu terbukti! OMG! Dengan telinga gue sendiri, gue mendengar dia mengaku bahwa dia suka sama gue sejak kelas 1 SD kepada temen-temen gue yang lain. Gila! Pengen guling-guling gue rasanya saat itu. Bukan karena gembira atau gila seketika. Namun, karena gue nggak habis pikir kok bisa sih anak SD ngomong begituan kayak di sinetron-sinetron di TV!!! (padahal gue lebih parah, suka bocah saat kelas 2 SD, haha).

Jadi, ceritanya begini. Gue dan temen-temen sekelompok gue sedang megerjakan tugas Keterampilan di rumah KD. Namun, tiba-tiba salah satu bahan yang harus digunakan untuk membuat sebuah karya itu, habis. Gue pun ke warung karena anak lain nggak ada yang mau dan malah saling tunjuk buat beli. Gue pergi lewat jalan depan.

Sepuluh menit kemudian, gue balik lewat jalan samping rumah KD di mana di sana juga ada pintu. Nah, pas gue mau masuk, gue merasa ada yang nggak beres nih atmosfernya. Gue ngelihat ATS dikepung oleh seluruh anggota kelompok kami. Jidatnya keringatan kebangetan. Dia duduk di bangku semen memandangi wajah orang-orang yang mengelilinya satu per satu. Dari pemandangan itu, gue menyimpulkan bahwa si ATS ini bakal mau disidang di tempat. Gue udah mau hampir membantu ATS buat keluar dari dalam kepungan ketika tiba-tiba seorang temen berinisial D menginterogasinya, "Lo suka Ani, ya?"

DEG! Gue langsung ngumpet ke balik pintu. Kaget setengah mati. Gue pun galau antara menghentikan aksi tersebut atau membiarkan si ATS menjawab. Secara, udah sejak lama gue pengen tahu kebenaran dari gosip-gosip yang beredar tentang hal itu. Gue pun memutuskan untuk tetap mengintai dari balik pintu. Hening cukup lama. Gue kira si ATS nggak bakal berani memberikan jawaban, maka gue pun sedikit lega, tapi juga masih penasaran. Akhirnya, setelah semenit mungkin, si ATS pun menjawab lantang, "YA!"

Temen-temen gue yang mengepungnya melonjak kegirangan. Beberapa bersuit-suit, menyenggol bahu ATS dan meneriakkan ciye-ciye. Gue udah hampir nggak tahan dalam persembunyian. Namun, gue juga terlalu malu untuk menghadapi mereka. Maka dengan ditopang oleh kaki gemetar, gue pun memutuskan untuk tetap bersembunyi.

Si D bertanya lagi, "Ciyeee... Sejak kapan???"

"Sejak kelas 1!" jawabnya dengan muka semerah tomat matang.

Gila mamen, gue udah nggak tahan. Gue teguhkan hati dan gue langkahkan kaki melewati lubang pintu. Dengan tanpa mengubah ekspresi muka, gue pun berkata, "Ini bahannya! Yuk kita lanjutin, temen-temen!" Grek! Kemunculan gue tiba-tiba ternyata membuat mereka semua terkaget dahsyat. Dalam sekejap kerumunan bubar dan tidak ada satu pun dari mereka yang tahu bahwa gue mendengarkan percakapan nggak penting mereka. Kami melanjutkan pekerjaan kami yang sempat tertunda kurang lebih lima belas menit lamanya. Sedangkan apa yang terjadi pada ATS? Dia menyingkir seketika dan mengambil jarak sejauh mungkin dari gue. Mukanya masih merah. Tampak sekali dia salah tingkah dan sesekali memanjat tiang pagar untuk menghilangkan rasa nervous-nya itu.

Peristiwa itu membuat gue dan dia nggak sesering dulu saat mengobrol. Dia malu-malu, sedangkan gue tak mampu menghadapi wajahnya karena gue bakal langsung teringat kejadian di rumah KD itu. Namun, satu yang gue tahu, gue makin bingung saat berhadapan dengan cowok sejak saat itu.

ATS sekarang sudah bekerja di Kalimantan. Dia udah memiliki kekasih dan mungkin sebentar lagi menikah. Congratulation, bocah korban sinetron! Haha.

TIGA
Kelas 6 SD, hal serupa kasus ATS tadi pun terjadi. Masihlah ada cowok temen SD gue yang dengan lucunya bilang ke temen sebangkunya bahwa dia suka gue. Dia temen sekelompok belajar gue, Mungkin karena gue sering minta boncengin sepeda oleh dia saat kumpul kelompok, dia mengira bahwa gue suka si dia. Panggil saja dia MT. MT yang gue tahu adalah seorang pendiam. Dieeeeem banget orangnya dan penurut. Kadang terpancar sedikir aura ke-cool-an darinya. Namun, tetep aja gue udah bertekad bahwa gue nggak bakal jatuh cinta lagi, maka gue pun nggak pernah ambil pusing tentang aura cool sesaat itu.

Nah, MT ini, di balik pendiamnya itu ternyata dia itu pekerja keras dan seorang perencana yang baik. Namun, kelebihan itulah yang justru membuat gue sebel dan kecewa sama dia saat kelas 6 dulu itu. Gue bingung nih mau nyeritain tentang dia. Singkat cerita, dia itu ngecuri 1 foto gue dari temen dan menghilangkan film foto gue yang paling gue suka pas SD. Gue nggak ngerti kenapa dia melakukan itu, hingga suatu hari ada seorang temen yang bilang kalau MT itu suka sama gue dan udah ngaku sama temen sebangkunya. Ya kali! Apa-apaan sih? Semenjak tragedi cinta monyet dan ATS, gue jadi sebel saat di-cengin sama temen dan diciyein, eh...ini malah malah sampai ngambil foto gue. Gue takut disantet serius waktu itu. Amit-amit jabang bayiiiii... Gue nggak ngerespon apa pun mengenai kejadian hilangnya foto itu. Gue tahu dia nyesel dan merasa bersalah, tapi gue juga sebel saat itu. Dia childish dan korban sinetron yang lebih parah dibandingkan ATS.

Belum selesai di situ, tiba-tiba suatu hari ada dua orang anak cewek seumuran gue dari beda sekolah yang bahkan gue belum pernah melihatnya, datang ke rumah gue. Mereka bilang bahwa ada seorang anak cowok berinisial TM yang suka sama gue selama ini. TM ini, gue udah langsung dapat menebak siapa orangnya meskipun mereka terus saja mengarang cerita mengenai biodata palsu si TM. Ya ampun, sinetron-sinetron! Cuma sinetron ini yang bisa gue cela-cela daripada gue ngemarahin si TM yang tidak lain tidak bukan adalah TM ini karena merencanakan tindakan bodoh yang melibatkan orang lain untuk berbohong itu. Gue nggak bergeming. Dua cewek itu, pulang dengan tangan hampa dan mulut kecapekan ngarang.

Masih belum selesai! Si MT ini kayaknya udah bilang yang nggak-nggak gitu ke nyokapnya. Pernah pada suatu hari sang nyokap itu berkunjung ke rumah gue. Yep, rumah kami berdua memang nggak terlalu jauh, nggak ada 1km lah jaraknya. Nah! Beliau itu ke rumah gue ngapain coba? Nyariin nyokap gue masa! Beliau ngobrol sama nyokap gue seolah-olah lagi ngajak ngomongin masa depan anak-anak mereka (gue dan ...). Nyokap gue sweatdropped di tempat. Nyokap si MT ini udah kayak lagi ngobrol sama calon besannya masa dan akhirnya nanya ke gue yang nggak sengaja lewat di depan mereka, "Jadi, mbak Ayoh... Gimana hubunganmu sama MT?" Sontak gue pura-pura nggak denger dan ngeloyor pergi dengan nggak sopannya.

Aiiiiiiih... Kayaknya ini nggak si MT aja yang korban sinetron, tapi satu keluarga tanpa satu orang pun tertinggal kayaknya. Gue penasaran sinetron macam apa sih yang mereka tonton??? Zzzz....

Dan gue pun akhirnya lulus SD dengan tenang dan hasil memuaskan tanpa sempat berpikir tentang MT sedikit pun. I'm sorry good bye, boy...

(bersambung)

No comments:

Post a Comment

MD: Ide Yang Tersesat

Minggu lalu, Jumat 15 Maret 2024, saat Live sendirian, kepikiran untuk bikin INSTAL LIVE yang isinya obrolan antar nakes Puskesmas Alian ten...