Sunday 6 March 2011

Dunia Penuh Koma (5)



Ini masih bersambung, masih koma dan masih bermasalah. Pagi ini Joko akan datang dan aku akan siap-siap menginterogasinya perihal tulisan karyanya yang membuatnya menang dan bisa pulang kampung. ‘Joko! Kau plagiat! Aku ingat betul tulisan ini! Tulisan yang kau ikut sertakan dalam lombaku adalah tulisan Aurora di blog-nya, doremifasollasido.tumblr.com.’

Seharusnya aku curiga, saat kau duduk di depan komputerku membaca blog itu tanpa berkedip, sedangkan aku memanggang sate. Seharusnya aku curiga saat kau tiba-tiba mengikuti lomba menulis yang kuadakan, padahal kau tidak suka menulis. Namun, aku benar-benar tak menyangka, kau seorang plagiat. Mana hasil belajar MPKT-mu di semester 1 dulu? Aku kecewa!

Si Garong bermain-main dengan kupu-kupu di halaman. Menyadari aku sedang menatapnya, lalu dia mendekat padaku. Mengeong berharap akan dilempari sepotong tempe mungkin. Namun, aku mendorongnya dengan sedikit kasar menggunakan sebelah kakiku.

“Awak pulaaaaaaang! Awak bawa bika ambon untuk kau, Aji!” kata Joko.

“Joko! Jelaskan tentang tulisan Aurora yang kau jiplak ini! Tega sekali!!!” potongku tajam. Aku bisa melihat wajahnya mulai berubah keunguan. Aku tak peduli apakah dia marah atau malu. Aku tidak suka plagiarisme.

“Itu tulisan awak! Sungguh! Awak tak bohong,” jawabnya membela diri. Seribu kali pun dia mengelak aku tidak akan percaya.

“Bohong! Itu tulisan seorang penulis wanita, Aurora! Aku pernah membacanya di blognya, doremifasollasido.tumblr.com!”

“Hahahahahahaha...” dia tertawa terpingkal-pingkal.

“Kenapa?”

“Itu blog awak!” jawabnya sambil memegang perut.

“Ah mana mungkin!!! Dia orang Kebumen. Dia menulis hampir tiap hari, tak sepertimu yang membenci dunia menulis! Bohong itu!”

“Hahaha... Kau perlu bukti?” Dia menantangku dengan wajah yang menampakkan seringai aneh. Dikeluarkannya sehelai kertas bertuliskan AKTA KELAHIRAN dari dalam lemari. Ditunjuklah sebuah kota di akta tersebut, Kebumen. Lalu ia menuju komputer dengan diikuti si Garong di belakangnya. Ia menyambungkan komputer itu dengan internet dan membuka sebuah akun di tumblr.com.

“Joko? Kau? Jangan-jangan kau... benar-benar si Aurora? Lalu Kebumen itu, artinya apa? Ya Tuhan! Pantas saja namamu Joko, kau lahir di Jawa! Lalu.. Hei! Jadi? Aku terobsesi pada seorang laki-laki? Apa? Ah! Gue MAHO dong??? Aaah...tidak mungkiiiin,” dan si Garong bergidik ngeri lalu berlari pulang ke rumahnya di samping rumah kontrakanku.

No comments:

Post a Comment

MD: Ide Yang Tersesat

Minggu lalu, Jumat 15 Maret 2024, saat Live sendirian, kepikiran untuk bikin INSTAL LIVE yang isinya obrolan antar nakes Puskesmas Alian ten...