Wednesday 23 April 2014

Ini Sudah Dimulai

Ini sudah benar-benar dimulai, uhn? Setahun sejak itu sudah berlalu, uhn? Masa-masa, di mana siang dan malam akan terbolak-balik. Di mana, bisa jadi, siklus kehidupan dan masa-masa produktif seseorang akan tertukar. Aku hanya dapat memandangi mereka yang tengah tidur berserakan dengan hanya beralaskan karpet berwarna krem tua. Satu, dua, tiga...ah ternyata tujuh orang berhijab yang tidur di hadapanku, ketika aku menuliskan ini. 

Oh iya, ada juga seorang pemuda, adik tingkat yang masih tergolong maba, yang tengah menghadap laptop sembari sesekali berpikir dan memijit-mijit keyboard laptop yang ternyata hasil pinjaman dari adik angkatan yang lain. Dia sedang mengerjakan tugas deadline, katanya. Dua orang pemuda lain, tampak tertidur pulas di teras sempit, di depan rumah perjuangan ini. Oke, mereka memang beralaskan kasur tua, yang mulai mengeras dan menusuk-nusuk punggung, tapi tak cukup terselimuti tubuh mereka, hingga terkadang mereka terlihat bergerak-gerak menggosok-gosok anggota badannya yang dibelai oleh dinginnya angin malam. Ada pula seorang perempuan, adik tingkat tertua, yang tertidur dengan sengaja di ruangan sebelah, katanya dia akan kuliah pukul delapan pagi.

Mereka semua, yang telah kusebutkan tadi, adalah para panitia dari bimbingan belajar yang diselenggarakan paguyuban ini. Yeah, pemandangan ini terakhir kulihat setahun lalu. Manusia-manusia super, yang bertebaran di seluruh sudut rumah perjuangan, yang lelah setelah di hari sebelumnya mereka menjalankan fungsi ganda sebagai seorang mahasiswa yang menuntut ilmu sesuai konsentrasinya masing-masing, juga sebagai agen penebar ilmu dan penyedia fasilitas belajar kepada para peserta bimbingan belajar di rumah perjuangan ini. Fenomena tahunan, uhn?

Hwoaaah... Adik-adik ini, semangat membimbing adik-adik peserta ya. Jikalau di tengah perjalanan kalian merasa lelah, tetiba merasa menepi tanpa disadari, juga mulai bertanya-tanya "Apa yang sebenarnya sedang aku lakukan di sini? Untuk apa sebenarnya aku melakukan ini hingga meninggalkan apa yang seharusnya kuperjuangkan lebih keras dari ini?"...maka ingatlah, nikmatnya buah keikhlasan juga bunga-bunga senyum yang bersemi di wajah-wajah mereka, adik-adik peserta. Ah, ini akan sangat indah dan hangat, jika kau merasakannya dengan hati, bukan hasrat untuk dipuji. Ini akan membekas membahagiakan, jika kau menjalankannya dengan senang hati, bukan sesak hati. Ini akan membuatmu mengenal dan memiliki, lebih banyak keluarga untukmu berbagi, berkisah dan kau ajak untuk berjalan-berlari. 

Waaaah... Selamat berkontribusi, selamat menjalin kebahagiaan yang ternilai oleh materi, selamat memupuk amal untuk bekal akhirta nanti. Selamaaaaat berjuang dan berbagi! :D

No comments:

Post a Comment

MD: Ide Yang Tersesat

Minggu lalu, Jumat 15 Maret 2024, saat Live sendirian, kepikiran untuk bikin INSTAL LIVE yang isinya obrolan antar nakes Puskesmas Alian ten...