Tuesday 12 November 2013

Sepuluh Bulan (1)

Assalamualaykum, my bloggie!!!
Ohisashiburi desune, ogenki desuka???

Ngahahaha!
Sudah berdebu di sana sini, ya?
Oke, tenang saja karena meski superkumal seperti apa pun lo, gue tidak bakal meninggalkan lo, :D

Oke. Banyak sekali hal yang terjadi selama sepuluh bulan terakhir di tahun 2013 ini, yang bahkan belum sempat gue bagikan ke lo, ya, blogie? Uhnnn... Perlukah? Bisa jadi perlu. Namun, harus dari manakah gue memulai? Sedangkan gue sendiri bahkan tidak bisa menjamin kalau gue masih ingat dengan setiap hal yang udah gue lakukan secara detail selama sepuluh bulan ini. Oke. Mungkin, akan lebih memudahkan, kalau gue menyusunnya sesuai timeline bulanan. But, buat apa coba gue menyusunnya? Uhn? Ya, buat update-update dan isi-isi aja, sih. :D

Januari
Januari 2013, uhn? Sepertinya tidak ada banyak hal yang gue lakukan.
Awal Januari waktu itu, gue bahkan tak ikut Jalan-jalan Akhir Tahun (JJAT) bareng-bareng anak-anak di Kepengurusan Analitico 2012. Di mana, ya? Pulau Seribu kah? Sepertinya cukup menyenangkan. Namun, setiap orang punya hal-hal yang menjadi kesukaannya atau ketidaksukaannya. Hal-hal semacam pergi berbanyak orang dan berlama-lama semacam ini adalah salah satu yang tidak gue suka. Alhasil, gue pun tidak menyesal sedikit pun tidak mengikuti JJAT ini.

Pertengahan Januari, gue di rumah dan menghabiskan banyak waktu bersama keluarga. Sesekali datang ke acara Perhimak UI. Semacam Kebumen Campus Fair di Gombong, dll. KCF, ya? Bisa jadi KCF inilah awal mula keberbalikan (?) gue ke Perhimak. Secara, semester 5 yang super duper padat telah membuat gue sangat susah memikirkan hal-hal selain kuliah. Huwahaha. Setelah KCF, kembali gue ikut-ikutan ngebantuin anak Dekorasi. Seperti tahun-tahun sebelumnya, rumah gue kembali dijadikan basecamp. Tidak hanya untuk dekorasi, tapi juga terkadang digunakan untuk tempat singgah, sebagai tempat latihan musik anak-anaknya Trikur Kingdom, bahkan latihan flash-mob oleh Ayu dan Dzakia.

Yep, singkat kata Januari ini, rumah gue dipenuhi dengan warga-warga Perhimak UI (yang aktif). Dari sini, gue jadi tahu nama adik-adik angkatan 2012, serbaneka dan dominasi sikap mereka, serta karekteristik kepengurusan Perhimak UI ala Jodi. Secara sebelumnya kan betul-betul vacuum. Hahaha.


Februari
Februari awal, masihlah sama. seperti bulan sebelumnya. Separuh dari Februari masihlah musim liburan, meski pada kenyataannya tidak semua anak-anak UI-Kebumen menikmati liburan mereka. Hohoho. Yippy! UI GTK 9 membuat sebagian dari mereka semacam sering bergentayangan keliling Kebumen untuk Road to School (RTS) dan mempersiapkan acara Bedah Kampus.

Alhamdulillah acaranya sukses saja menurut gue. Gue bilang gitu, meskipun ternyata menurut "orang-orang lain yang lebih tahu" acara ini masih memiliki beberapa kekurangan yang perlu diperbaiki. Ada beberapa hal yang gue sendiri setuju disebut sebagai suatu kekurangan. Wajar, jika dalam sebuah acara terjadi kendala di sana-sini, baik yang preventable maupun yang incidental. Namun, menurut gue dalam suatu evaluasi seperti itu, akan sangat lebih bijaksana jika upaya tuding-menuding, sebut nama, sindir orang dan tekan-menekan sembari menyalahkan disampaikan dengan cara sewajarnya. Bukan. Bukan maksud gue menyarankan untuk menyampaikan manis-manisnya saja. Hanya saja, yeah... Ya sudahlah.

Gue sendiri, sebagai orang yang sedikit-sedikit terlibat dalam persiapan acara ini cukup merasa ada kejanggalan dan kekosongan. Terutama dalam hal dekorasi. Secara, gue anak dekorasi selama dua tahun terakhir, yang ndilalahnya selalu saja membuat benda-benda dekorasi yang superdetail. Tahun sebelumnya, di UI GTK 8, gue juga ngebantuin dekorasi. Memang sih, jika dibandingkan dengan UI GTK 9, detail dekorasi UI GTK 8, amat sangat lebih baik. Gue ingat, tahun lalu, malam-malam, anak-anak ngedekor sampai jam 12 malam. Gue bolak-balik rumah-Setda, buat memetik daun-daun pohon Jenitri yang berwarna merah untuk ditempel di pepohonan buatan, Pohon Impian. Akibatnya, beberapa orang anak Dekor tumbang dan sakit maag, di keesokan harinya. Namun, kami bahagia. Proses yang kami lalui dalam membuat setiap hal kecil bahan dekorasi itu, begitu menyenangkan. Gue kira demikian. Dekorasi UI GTK 9 ini, memang tidak sedetail dan sekomplit UI GTK 8. Namun, mereka mampu selesai dengan cepat dan hemat waktu. Yep! Ada kelebihan dan kekurangannya masing-masing, memang.

Hal lain yang gue ingat di bulan Februari adalah uang tahun DRA. Wkwkwk. Namun, gue tidak lagi ingat, apa yang gue lakukan di hari itu. Ini bagus. Bagus sekali. :D

Nah, hal lainnya lagi adalah Jalan-jalan dengan anak Perhimak angkatan 2010. Gue lupa tanggal dan harinya. Pokoknya, kita banyak. Tujuan kami saat itu adalah Curug Karanggayam dengan Ipin dan temannya bertindak sebagai tour guide-nya. Gue sangat bersemangat. Mengingat ini semacam pendakian mini, yang sangat  gue sukai sejak kecil. Uhnnn... Kami berfoto-foto, banyak sekali. Di perjalanan mendaki, di saat menyeberangi sungai kecil dan setengah kecil, di saat bergelantungan di pohon mati, saat sudah sampai di curug dan saat-saat lainnya. Di kali ini, untuk pertama kalinya dalam hidup gue, gue mengendarai motor sendiri dalam jarak jauh. Ngeboncengin Kyu lagi. Gue kira, dia mabok atau semacamnya ketika gue bonceng. Selain faktor skill gue yang sangat buruk, faktor jalanan yang aduhai dan bergelombang juga turut berkontribusi dalam kemabukannya. Curugnya oke dan tinggi sekali. Hanya Hari yang berhasil turun ke dasar curug karena batuan-batuan yang digunakan untuk dipijaki menuju dasar curug sangatlah licin. Cool juga, Hari! Oh, iya!!! Kamera Hari baru saat itu. Sejak KCF, dia sering sekali membawa kamera barunya untuk berfoto-foto. :D

Pertengahan Februari gue kembali ke Depok, tapi tidak datang ke acara wisuda. Ahahahai. Tidak bertepatan, tepantnya.

Kuliah semester 6, seperti biasanya diawali dengan add/drop. Gue galau antara mau memilih Konseling, Gadar, Aplikom 2 atau apa sebagai mata kuliah pilihan agar sks gue mencapai 18 sks. Add, drop berkali-kali, akhirnya gue memilih Aplikom 2. Kata teman-teman gue, pun anak-anak MRS yang ngambil Aplikom 2, gue gila. Kenapa? Karena gue mengambil Mata Kuliah Aplikom 1 dan 2 secara bersamaan di semester 6 itu. Ahahahahaha. Gila emang. Namun, alhamdulillah... Gue bisa survive hingga akhir, dengan nilai yang tidak jelek-jelek amat, kwkwk.

Februari, ya? Ada Ulang Tahun Perhimak UI yang ke-... Uhn, entah berapa. Kesan dan memori yang gue ingat tentang acara Ulang Tahun ini bukanlah sesuatu yang menyenangkan. Gue perihatin. Kenapa? Yeah, apalagi kalau bukan masalah gap-gap. Angkatan ini di sini, anak itu di sana, syalalalala...dan lain-lain. Anak-anak tidak muda, kurang memperhatikan pembawa acara dan sibuk dengan dunia mereka sendiri. Anak-anak muda malu-malu dan ragu menyapa para anak tidak muda. Yeah, gue cuma melihat dari atas kursi dan sedikit memutuskan duduk bersama anak-anak muda saja. Hahaha.

Nah, gue ingat banget setelah ultah ini, gue pulang bareng anak-anak Kandang Merpati. Fuzna, Iim dan Isna atau Trikur kalau nggak salah. Ngekol dua kali dan ngebantuin mereka bawa barang-barang yang habis dipakai saat ultah. Nah, pas baru jalan beberapa meter di Gang Kapuk, Nana dan Juned terbang melintas (?) naik motor. Nana pun turun dari boncengan dan jalan bersama anak-anak Kandang Merpati lainnya. Gue yang pengen makan, akhirnya makan sama Juned di warung nasi goreng di Kapuk. Saat makan ini, tiba-tiba si Juned bertanya, "Mbak, tipe kepemimpinan yang baik menurut mbak gimana? Terus karakteristik tiap-tiap angkatan di Perhimak gimana? Kalau angkatan 2011?" Kurang lebih seperti itu yang dia tanyakan. Sontak gue langsung merespon, "Mau nyalon ketua Perhimak, ya, kamu? Hahaha." Dan gue jawablah pertanyaan-pertanyaan itu semampu gue, sepemahaman gue, menurut sudut pandang gue yang pastinya subyektif sekali. Siapa sangka, ternyata gara-gara pertemuan itu, gue "dilamar" jadi kestarinya di kepanitiaan B3 2013. -___-
Hal ini membuat gue, tiga tahun berturut-turut terlibat dalam kepanitiaan B3 Perhimak UI. Wohooo.... :p

Gue kembali mendaftar menjadi anak Media HMD gue, Analitico. Media pilihan ke-1, Marketing pilihan ke-2 dan sudah. Bukan sesuatu yang mengejutkan memang, kalau gue kembali diterima di Media, seperti tahun lalu. Hal ini dikarenakan, banyak rumor yang beredar tentang gue yang mengatakan bahwa gue jago desain dan bikin video. Pada kenyataannya, yaaa... beda tipis sama kemampuan mereka juga. Ckckck. The power of Rumor terkadang berlebihan.

Maret, April, Mei dan Juni
Bulan ini, gue kembali menjadi makhluk multitasking. Gue menjalani peran gue sebagai mahasiswa yang udah mulai bosan berkuliah, sebagai seorang anak yang mulai galau akan masa depan, sebagai kestari B3 2013 yang awam dan suka panik, sebagai anak Media Analitico 2013 yang malah bisa jadi lebih gabut dari tahun lalu. Hnnn...

Gue menjalani kuliah dengan oke, juga penuh dinamika. Namun, entah kenapa seberapa berdinamika apa pun kehidupan kampus gue, gue selalu saja lebih mengutamakan B3 dan Analitico. Sudah menjadi bawaan gue, mengutamakan kepentingan umum dibandingkan kepentingan pribadi, termasuk kuliah sekali pun. Hal ini bisa jadi dikarenakan oleh keberadaan watak gue, yaitu terlihat bekerja dengan perfek dan beres di mata orang lain. Gue akan panik jika gue melakukan kesalahan besar untuk hal-hal yang dimintakan oleh orang lain, tapi gue akan terlihat biasa saja kalau gue telat masuk kelas atau semacamnya yang hanya menyangkut diri gue sendiri, meskipun pada kenyataannya gue juga sangat panik. Kuliah, dibilang keteteran sih tidak. Namun, dibilang sangat oke pun tidak. Setidaknya, gue sudah dangat hafal dengan dampak di setiap akhir semester genap. Wohohoho. Namun, syukurlah orang tua gue tidak menuntut putrinya yang unik ini --gue-- untuk selalu berprestasi di atas batas. Justru gue sendirilah yang merasa terbebani sebenarnya. Beban apa? Ya, sudahlah. Lupakan saja.

Kalau tidak salah, di bulan Maret ini, Media Analitico berhasil membuat buku Analitico UI yang konsepnya pop-up unyu gitu. Buku inilah yang dijadikan sebagai bahan video profil Analitico ini. Ketua divisi gue, Ayu Sya'bani super duper kreatif dan smart. Gue beruntung sekali memiliki kadiv seperti dia, yang keren, rajin, teliti dan pengertian. Ketika gue beralasan berhalangan hadir untuk menghadiri urusan lain, ketika gue sakit, ketika gue mulai menghilang dan lain-lain, dia selalu mengirimi gue sms yang berisi: pertanyaan, pengingat, atau perhatian lainnya. Gue ingin sekali mencontoh caranya dalam memperhatikan anak-anak divisinya. Hal inilah yang gue coba praktikkan ke anak-anak Kestari. Namun, sepertinya berakhir krik-krik, sih. Haha.

Oh iya! Di bulan Maret juga ada Makrab Perhimak UI. Panitianya anak-anak 2012. Keren sekali. Good Job sekali mereka, para Rainbow Troopers dan anak-anak PSDM Perhimak UI yang udah mengadakan acara keren sekaligus unyu ini. Sekeren apa sih? Pokoknya keren dan tujuan makrab itu sendiri tersampaikan. Meski sempat sedih juga sih, karena nggak ada semacam sungai atau begituan di sekitar lokasi makrab.

Akhir Maret, B3 mulai beraksi. Gue pulang ke Kebumen bantu-bantu nyebar publikasi. Seinget gue, ada beberapa orang yang pulang ke Kebumen saat itu, antara lain: gue, Nana, Roland, Ceeng, Aan, Mas Wahid, Juned, Laras, Indra (?) dan Dini. Banyak hal terjadi saat pulang menggunakan bus Sinar Jaya pukul setengah empat kala itu. Ceeng yang tiba-tiba kehilangan kursinya sehingga gue, Nana, Roland dan Nana duduk berempat dalam kursi berkuota tiga, dll. Banyak sekali dan banyak sekaliii...

Mulai Maret hingga Juni, rutinitas gue lebih sering gue jalani bersama para warga B3, baik panitia maupun calon peserta dan pesertanya. Seleksi di bulan April. Pengumuman di akhir April. Pembukaan di awal Mei. Perjalanan dan pelayaran B3 2013 yang diwarnai tawa, ke-alay-an dan kehangatan. Pengumuman SNMPTN Undangan di akhir Mei yang membuat 10 orang peserta pulang ke Kebumen. SBMPTN di bulan Juni yang di saat itu gue sangat jarang berkunjung ke rumah bimbel.

B3 atau yang lebih sering disebut dengan nama Bimbel, merupakan yang paling nyaman dan bermanfaat dari sekian banyak hal dan acara yang diadakan oleh Perhimak UI, versi gue. Di sini lo akan sering bertemu dengan warga Perhimak dengan sifat-sifat asli mereka. Lo akan memiliki banyak adik baru yang akan membuat lo malu jika lo mengeluh dan berhenti untuk memperjuangkan mimpi lo. Lo akan berlatih mengurus suatu rumah tangga, satu rumah dengan banyak sekali manusia yang berada di dalamnya dan membuat dengan bagaimana pun caranya agar para manusia yang bernaung di bawahnya dapat hidup dengan harmonis. Lo akan menemukan anak-anak luar biasa, orang-orang hebat yang bertahan dan mengorbankan kepentingannya untuk dapat berbagi ilmu dan cerita dengan para peserta. Lo akan mendapati diri lo terbawa dalam suasana kekeluargaan yang bahkan lo sendiri tidak akan menyadari kapan rasa itu mulai lahir...dan masih banyak lagi. Entahlah. Gue selalu suka dengan bimbel dan rumahnya yang gue tuju untuk bermain, numpang tidur atau sekedar mengabsen orang-orang.

Mungkin, ada sedikit rasa lelah di tengah perjalanannya. Bosan dan jemu dalam melaksanakan hal yang sama, berulang-ulang kali hingga lupa mengurus diri. Mungkin lo akan bertanya: untuk apa lo repot-repot mengurusin hidup anak orang? Belum tanggung jawabnya nanti kalau mereka tidak diterima. Belum lagi kritikan dari orang-orang tua yang terkadang berisik dan menuntut hasil dan kerja yang terbaik. Aih, ada lagi ini anggota tim yang kabur-kaburan. Gila, nilai UAS lo anjlok gara-gara sibuk ngajar dan disuruh-suruh ini itu di bimbel. SIAK-NG lo berdarah! Capek di bimbel, lo nggak bisa tidur nyenyak...dan semacamnya. Namun, gue rasa setiap keluhan itu akan terbayar dengan kebahagiaan, dengan sendirinya suatu saat nanti. Entah dengan cara apa, dalam wujud apa, kapan waktunya dan oleh siapa yang memberikannya. Gue yakin. Entahlah dengan orang lain.

Gue sendiri merasa bimbel semakin membaik di setiap tahunnya. Dari segi manapun dan gue berharap ke depannya, tidak hanya jebolan pesertanya yang berakhir bahagia dan diterima di jurusan impiannya, tapi juga para panitianya berbahagia dan tetap menjalin silaturahmi dengan para peserta dan panita lainnya. Selalu dan tak putus.

Di bulan Juni, gue juga udah mulai Praktikum Kesehatan Masyarakat alias Prakesmas alias Magang. Gue magang mulai tanggal 24 Juni, bareng dengan Amel dan Lelly di Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI). Seminggu pertama sedikit tidak ada kerjaan. Namun, minggu-minggu berikutnya...gilak!

(bersambung)

No comments:

Post a Comment

MD: Ide Yang Tersesat

Minggu lalu, Jumat 15 Maret 2024, saat Live sendirian, kepikiran untuk bikin INSTAL LIVE yang isinya obrolan antar nakes Puskesmas Alian ten...